Tempat Makan

10 Oleh oleh Khas Medan yang Wajib Dibawa Pulang

Melrosedinerchicago – Mengunjungi Medan merupakan pengalaman yang tak terlupakan, terutama bagi para pencinta kuliner. Kota ini dikenal sebagai surga kuliner yang menawarkan beragam pilihan oleh-oleh khas untuk dibawa pulang. Pesona Medan tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga pada kekayaan kuliner yang memikat setiap lidah yang mencicipinya. Setiap sudut kota menyajikan kelezatan yang autentik, menjadikan Medan sebagai destinasi wajib bagi para pencari kuliner terbaik.

Pixabay

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Medan, Anda mungkin akan dihadapkan pada dilema memilih oleh-oleh yang unik dan menarik. Ragam kuliner khas Medan yang melimpah menjadikan setiap pilihan terasa menggiurkan. Namun, jangan khawatir, karena setiap oleh-oleh yang ada menawarkan citarasa yang istimewa dan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Apakah Anda lebih tertarik dengan manisnya bolu gulung, atau lebih memilih kegurihan kacang sihobuk? Atau mungkin Anda ingin mencoba kelezatan unik sate kerang? Apapun pilihannya, Medan siap memanjakan lidah Anda dengan keunikan dan kenikmatan kulinernya yang tiada tara.

Berikut adalah daftar 10 Oleh oleh khas Medan yang tidak boleh Anda lewatkan:

1. Bolu Gulung Meranti

Bolu Gulung Meranti adalah salah satu oleh-oleh khas dari Kabupaten Meranti, Riau, yang sangat populer di kalangan wisatawan. Kelezatan dan kelembutannya sudah terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Bolu ini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan resep tradisional yang telah diwariskan turun-temurun, sehingga menghasilkan cita rasa yang autentik dan konsisten.

Bolu Gulung Meranti tersedia dalam beragam varian rasa yang menggugah selera, seperti keju, blueberry, coklat, vanila, strawberry, dan masih banyak lagi. Setiap gigitannya menawarkan pengalaman rasa yang berbeda dan memanjakan lidah. Varian keju misalnya, memberikan perpaduan manis dan gurih yang pas, sementara varian blueberry menghadirkan sensasi segar dan asam manis yang menyegarkan.

Harga Bolu Gulung Meranti cukup terjangkau, mulai dari Rp60.000 per kotak. Setiap kotak biasanya berisi sekitar 10-12 potong bolu gulung dengan ukuran sedang. Kemasan yang digunakan juga cukup menarik dan elegan, cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga atau teman.

Selain varian rasa klasik, Bolu Gulung Meranti juga menawarkan inovasi menarik yaitu bolu gulung 3-in-1. Varian ini menggabungkan tiga rasa berbeda dalam satu gulungan bolu, seperti kombinasi keju, coklat, dan vanila. Setiap potongan bolu gulung 3-in-1 menjanjikan ledakan rasa yang unik dan memanjakan lidah.

Dengan kelezatannya yang tiada duanya dan variasi rasa yang beragam, tidak heran jika Bolu Gulung Meranti menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Meranti. Bolu ini tidak hanya memuaskan keinginan akan makanan manis, tetapi juga menjadi simbol kebanggaan kuliner daerah yang patut dicoba oleh setiap orang yang menginginkan pengalaman rasa yang berkesan.

2. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha adalah salah satu oleh-oleh khas Medan yang sangat terkenal dan menjadi favorit banyak wisatawan. Kue tradisional ini memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang unik, hasil dari proses pembuatan yang telaten dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Kelezatan Bika Ambon Zulaikha tersaji dalam beberapa variasi rasa yang menggugah selera. Rasa original menawarkan kelezatan autentik dari perpaduan tepung, gula, dan santan, menghasilkan kue yang manis dan gurih dengan aroma yang harum. Sementara itu, varian keju memberikan sentuhan kelezatan ekstra dengan aroma keju yang menggoda dan rasa yang lebih kaya. Bagi pencinta aroma pandan, Bika Ambon Zulaikha juga menyediakan varian rasa pandan yang menyegarkan dan memberi warna hijau yang cantik pada kue.

Tekstur Bika Ambon Zulaikha juga menjadi daya tarik tersendiri. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, kenyal, dan bersarang, dengan rongga-rongga kecil yang terbentuk alami selama proses pemanggangan. Setiap gigitan Bika Ambon Zulaikha terasa lumer di mulut, meninggalkan sensasi yang memanjakan lidah.

Dengan reputasinya yang sudah tersohor, Bika Ambon Zulaikha telah menjadi ikon oleh-oleh khas Medan yang wajib dibawa pulang oleh wisatawan. Kue ini tidak hanya menawarkan kelezatan rasa, tetapi juga menjadi simbol kebanggaan kuliner Medan yang sudah diwariskan secara turun-temurun.

Meskipun memiliki kualitas yang tinggi, harga Bika Ambon Zulaikha cukup terjangkau dan sesuai dengan porsi yang ditawarkan. Hal ini membuat Bika Ambon Zulaikha menjadi pilihan oleh-oleh yang populer, baik untuk dinikmati sendiri maupun untuk dibagikan kepada keluarga dan teman.

Bika Ambon Zulaikha adalah bukti nyata dari kelezatan dan keunikan kuliner Medan. Dengan cita rasanya yang menggoda, teksturnya yang lembut, dan variasinya yang menarik, kue ini telah menjadi favorit banyak orang dan mengharumkan nama Medan sebagai destinasi wisata kuliner yang patut dikunjungi.

3. Oleh oleh khas Medan Manisan Jambu Aguan

Manisan Jambu Aguan adalah salah satu oleh-oleh tradisional yang menawarkan sensasi segar dan renyah dalam setiap gigitannya. Terbuat dari buah jambu biji segar pilihan, manisan ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai makanan manis dengan sentuhan alami.

Proses pembuatan Manisan Jambu Aguan dimulai dengan pemilihan buah jambu biji yang berkualitas tinggi. Buah-buah ini kemudian dibersihkan, dipotong dengan hati-hati, dan direndam dalam larutan gula yang dimasak dengan resep khusus. Proses perendaman ini tidak hanya memberikan rasa manis yang khas, tetapi juga membantu menjaga kerenyahan dan kesegaran buah jambu biji.

Ketika Anda menggigit Manisan Jambu Aguan, Anda akan merasakan kombinasi sempurna antara manisnya gula dan segarnya buah jambu biji. Teksturnya yang renyah memberikan pengalaman kunyah yang menyenangkan, sementara aroma jambu biji yang segar menghadirkan sensasi yang menyegarkan di setiap gigitan.

Salah satu keunggulan Manisan Jambu Aguan adalah daya tahannya yang cukup lama. Manisan ini bisa bertahan hingga tiga hari tanpa kehilangan rasa dan teksturnya yang khas. Hal ini menjadikannya oleh-oleh yang praktis untuk dibawa pulang atau dikirimkan ke kerabat dan teman di tempat lain.

Selain rasanya yang lezat, Manisan Jambu Aguan juga merupakan pilihan oleh-oleh yang sehat. Buah jambu biji dikenal kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai nutrisi penting lainnya. Dengan mengonsumsi Manisan Jambu Aguan, Anda tidak hanya memanjakan lidah dengan kelezatannya, tetapi juga memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Manisan Jambu Aguan adalah bukti keahlian produsen lokal dalam mengolah bahan-bahan sederhana menjadi oleh-oleh yang istimewa. Dengan cita rasa yang autentik dan kualitas yang terjaga, manisan ini telah menjadi favorit banyak wisatawan yang berkunjung dan ingin membawa pulang cita rasa khas daerah tersebut.

Jika Anda mencari oleh-oleh yang unik, lezat, dan menyegarkan, Manisan Jambu Aguan adalah pilihan yang tepat. Rasanya yang segar dan renyah, praktis untuk dibawa pulang, dan memiliki nilai tambah sebagai makanan sehat, menjadikannya oleh-oleh yang patut dicoba dan dinikmati bersama orang-orang terkasih.

4. Ikan Teri Medan

Bagi penggemar makanan asin, ikan teri Medan adalah pilihan yang tepat. Ikan teri yang dikeringkan dengan cara tradisional ini memiliki rasa asin yang khas dan nikmat. Kini, selain tersedia dalam bentuk ikan teri kering, ikan teri Medan juga telah diolah menjadi beragam produk kuliner yang lezat, salah satunya adalah sambal ikan teri.

Sambal ikan teri merupakan olahan ikan teri yang dipadukan dengan bumbu-bumbu pedas khas Sumatra Utara. Rasanya yang pedas, gurih, dan sedikit asin membuat sambal ikan teri cocok disantap dengan nasi hangat atau sebagai pelengkap lauk lainnya. Dengan kemasan yang praktis, sambal ikan teri memudahkan Anda untuk membawanya sebagai oleh-oleh khas Medan.

Tidak hanya lezat, ikan teri Medan juga kaya akan protein dan omega-3 yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, ikan teri Medan menjadi salah satu kuliner andalan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Medan. Kenikmatannya yang autentik akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencicipinya lagi di lain waktu.

5. Sirup Markisa

Dengan rasa manis dan segarnya, sirup markisa menjadi minuman khas Medan yang populer di kalangan wisatawan. Produk ini menawarkan cita rasa unik yang berasal dari buah markisa berkualitas tinggi. Buah markisa yang segar dipetik dari perkebunan lokal diolah dengan cara tradisional untuk menghasilkan sirup yang kaya akan rasa dan aroma alami.

Sirup markisa memiliki warna kuning cerah yang memikat. Saat dituangkan ke dalam gelas berisi air dingin atau es batu, sirup ini akan memberikan sensasi menyegarkan yang sempurna untuk melepas dahaga di kala cuaca panas. Rasa manisnya yang pas, tidak terlalu berlebihan, juga membuatnya cocok sebagai penyegar di siang hari ataupun sebagai minuman pendamping makanan.

Selain nikmat untuk dinikmati sendiri, sirup markisa juga bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis minuman segar lainnya. Dengan menambahkan sedikit susu atau jus buah lain, Anda bisa menciptakan kombinasi rasa yang lebih beragam dan menarik.

Bagi Anda yang ingin membawa pulang kenangan manis dari Medan, sirup markisa bisa menjadi oleh-oleh yang tepat. Kemasan praktisnya memudahkan untuk dibawa dalam perjalanan dan bisa langsung dinikmati di rumah sebagai penyegar alami yang sehat dan lezat.

6. Kacang Sihobuk

Makanan ringan ini menawarkan cita rasa gurih dan lezat yang berasal dari kacang tanah sangrai. Kacang Sihobuk kini mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh, menjadikannya pilihan yang praktis untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Medan.

Proses pembuatan Kacang Sihobuk dilakukan dengan cara tradisional yang telah turun-temurun. Kacang tanah pilihan disangrai dengan api kecil hingga matang merata, lalu dibumbui dengan campuran rempah-rempah khas seperti bawang putih, garam, dan penyedap rasa alami. Sentuhan bumbu ini memberikan aroma dan rasa yang khas pada Kacang Sihobuk.

Selain rasanya yang lezat, Kacang Sihobuk juga memiliki tekstur yang renyah dan garing. Setiap gigitan akan memberikan sensasi gekrak yang menggugah selera. Kacang ini bisa dijadikan teman minum teh atau kopi, ataupun sekedar dinikmati sebagai camilan di saat santai.

Kemasan Kacang Sihobuk yang praktis membuatnya mudah dibawa ke mana-mana. Anda bisa membeli Kacang Sihobuk dalam berbagai ukuran kemasan, mulai dari yang kecil hingga besar, disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Anda berkunjung ke Medan, jangan lewatkan untuk membeli Kacang Sihobuk sebagai oleh-oleh. Selain rasanya yang nikmat, camilan ini juga bisa bertahan lama sehingga bisa dinikmati kapan saja setelah tiba di rumah.

7. Medan Napoleon

Sejenis bolu gulung dengan lapisan pastry renyah, Medan Napoleon menawarkan kombinasi rasa yang unik dan lezat. Dengan lima varian rasa, kue ini adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan bagi pencinta makanan manis ketika berkunjung ke Medan.

Lapisan luar Medan Napoleon terbuat dari pastry yang dioven hingga renyah dan garing. Pastry ini kemudian digulung bersama dengan adonan bolu yang lembut dan creamy yang telah dipadukan dengan berbagai varian rasa. Varian rasa yang tersedia antara lain pandan, durian, blueberi, coklat, dan keju. Setiap varian memiliki cita rasa khas yang menggugah selera.

Tekstur lembut bolu yang kontras dengan pastry renyah menciptakan sensasi nikmat dalam setiap gigitan. Rasa manis yang pas dan olesan toping creamy semakin memanjakan lidah penikmatnya. Bentuk gulungan yang cantik juga menjadikan Medan Napoleon sebagai sajian yang menarik secara visual.

Medan Napoleon cocok dinikmati sebagai camilan di saat bersantai atau dihidangkan saat acara-acara khusus seperti pesta atau jamuan. Kemasan menariknya juga memungkinkan untuk dibawa sebagai oleh-oleh bagi keluarga atau teman-teman di rumah.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Medan, pastikan untuk mencicipi Medan Napoleon sebagai salah satu kuliner khas yang wajib dicoba. Nikmatilah setiap gigitan yang memanjakan lidah dengan kombinasi rasa yang menggoda.

8. Pancake Durian

Memanfaatkan kelezatan durian Medan, pancake durian ini menawarkan alternatif praktis untuk menikmati rasa durian tanpa perlu membawa buahnya yang utuh. Olahan ini menjadi pilihan oleh-oleh yang unik dan menggiurkan bagi pecinta durian.

Adonan pancake yang lembut dan fluffy dipadukan dengan lelehan durian segar berkualitas terbaik. Setiap gigitan akan memanjakan lidah dengan rasa durian yang khas, manis, dan sedikit gurih. Tekstur lembut pancake berpadu sempurna dengan krimnya lelehan durian, menciptakan sensasi nikmat dalam setiap suapan.

Tidak hanya lezat, pancake durian juga dibuat dengan bahan-bahan berkualitas dan higienis. Proses pengolahannya dilakukan dengan cara tradisional untuk mempertahankan keaslian rasa durian yang menjadi bintang utama dalam sajian ini.

Kemasan pancake durian yang praktis membuatnya mudah dibawa ke mana-mana sebagai oleh-oleh. Anda bisa menghangatkannya kembali di rumah dan menikmati kelezatannya seolah-olah baru saja dibuat.

Bagi Anda yang ingin membawa pulang rasa khas Medan, pancake durian bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain rasanya yang autentik, kemudahan dalam membawanya juga menjadi nilai tambah dari oleh-oleh satu ini.

9. Kopi Sidikalang

Dengan cita rasa yang enak dan unik, kopi Sidikalang merupakan pilihan wajib bagi pencinta kopi. Kopi ini menawarkan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau sehingga menjadi oleh-oleh favorit dari Medan.

Kopi Sidikalang dihasilkan dari perkebunan kopi di daerah pegunungan Sidikalang, Sumatra Utara. Letak geografis dan iklim yang ideal membuat biji kopi yang dihasilkan memiliki karakter rasa yang khas dan aromatik. Proses penyangraian dan pengolahannya pun dilakukan dengan penuh ketelitian untuk mempertahankan cita rasa terbaik.

Setelah diseduh, kopi Sidikalang menampilkan warna coklat kemerahan yang memikat. Aromanya yang harum menyeruak memanjakan indera penciuman. Rasanya yang kaya dengan sedikit sentuhan asam membuat kopi ini terasa nikmat dan menggugah selera.

Kopi Sidikalang tersedia dalam beberapa pilihan seperti kopi bubuk, kopi biji sangrai, maupun kopi kemasan praktis siap seduh. Kemasan yang menarik menjadikannya pilihan oleh-oleh yang ideal untuk dibawa pulang bagi para pengunjung Medan.

Selain rasanya yang autentik, kopi Sidikalang juga dikenal dengan harganya yang terjangkau namun tidak mengurangi kualitasnya. Inilah yang menjadikan kopi Sidikalang begitu diminati oleh banyak kalangan, baik pecinta kopi lokal maupun wisatawan mancanegara.

10. Sate Kerang Rahmat Toha

Menawarkan pengalaman rasa yang unik dan lezat, sate kerang ini menjadi pilihan oleh-oleh yang berbeda dari Medan. Tersedia dalam berbagai rasa, menjadikannya cocok untuk berbagai selera pecinta kuliner.

Sate Kerang Rahmat Toha terbuat dari kerang segar pilihan yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah khas Medan. Daging kerang yang lembut dan berlemak diolah dengan cara ditusuk pada tusukan sate, kemudian dibakar atau dipanggang hingga matang sempurna. Hasilnya adalah sate kerang dengan tekstur juicy namun tidak alot.

Yang membuat sate ini istimewa adalah pilihan bumbu dan sambal pendampingnya. Ada rasa original, pedas, bawang, bahkan ada varian unik seperti rasa durian. Setiap rasa memiliki ciri khas yang menggugah selera berkat perpaduan rempah-rempah berkualitas.

Kemasan sate kerang yang praktis dan higienis membuatnya mudah dibawa sebagai oleh-oleh. Anda tinggal menghangatkannya kembali di rumah dan merasakan kelezatannya seolah-olah baru saja dibakar.

Bagi Anda yang mencari oleh-oleh unik dari Medan, Sate Kerang Rahmat Toha bisa menjadi pilihan menarik. Selain rasanya yang otentik, keunikan produk ini juga menjadikannya buah tangan yang berbeda dan digemari banyak peminat kuliner.

Penutup

Medan memang menawarkan begitu banyak pilihan oleh-oleh yang menggugah selera. Mulai dari makanan ringan gurih seperti Kacang Sihobuk, hidangan manis seperti Bolu Gulung Meranti dan Medan Napoleon, hingga kuliner yang lebih eksotis seperti Sate Kerang Rahmat Toha. Keragaman oleh-oleh ini mencerminkan kekayaan budaya kuliner Medan yang telah berkembang selama berabad-abad.

Setiap oleh-oleh khas Medan memiliki cerita tersendiri, baik dari segi sejarah, proses pembuatan, hingga cita rasa yang menggugah selera. Masing-masing oleh-oleh ini merupakan hasil karya para pengrajin dan pelaku kuliner setempat yang tekun melestarikan warisan leluhur.

Dengan membawa pulang oleh-oleh khas Medan, Anda tidak hanya membawa makanan lezat, tetapi juga membawa secercah budaya dan kenangan yang tak terlupakan dari kota ini. Nikmati setiap gigitan atau sesapan dan rasakan bagaimana cita rasa autentik Medan melelehkan lidah Anda dengan kenikmatannya yang tiada tara.

Abdi

Share
Published by
Abdi

Recent Posts

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Beserta Resepnya

Rendang daging sapi adalah salah satu hidangan paling terkenal dalam kuliner Indonesia yang telah diakui…

2 months ago

Resep Rendang Jengkol Medok, Empuk dan Tidak Bau

Rendang jengkol adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang lezat dan kaya akan bumbu. Masakan…

2 months ago

6 Resep Minuman Segar Beserta Cara Membuatnya

Cuaca panas dan terik matahari yang menyengat sering kali membuat kita kehausan dan membutuhkan asupan…

2 months ago

5 Ide Menu Buka Puasa Hari Pertama dan Cara Membuatnya

MelroseDinerChicago - Buka puasa menjadi saat yang dinantikan setelah seharian berpuasa dan menahan rasa lapar…

2 months ago

5 Resep Lezat dan Sehat dengan Sayur Kangkung

Kangkung adalah sayuran hijau yang terkenal akan kandungan nutrisinya yang tinggi dan kalori yang rendah.…

2 months ago

5 Minuman Segar dan Sehat untuk Berbuka Puasa

Melrosedinerchicago.com - Berbuka puasa adalah momen yang dinanti-nanti setelah seharian menahan lapar dan haus. Setelah…

3 months ago