Resep

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Beserta Resepnya

Rendang daging sapi adalah salah satu hidangan paling terkenal dalam kuliner Indonesia yang telah diakui secara internasional. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods oleh CNN International. Kelezatan rendang tidak hanya diakui oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh dunia.

Sumber Foto Liputan6.com

Masakan ini berasal dari Sumatera Barat, tepatnya dari daerah Minangkabau. Rendang awalnya dibuat sebagai hidangan untuk disajikan dalam acara-acara khusus, seperti pernikahan atau perayaan adat. Seiring berjalannya waktu, rendang menjadi hidangan populer yang dapat dinikmati kapan saja.

Cita rasa rendang yang khas tercipta dari perpaduan berbagai rempah-rempah, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, dan daun kunyit. Bumbu-bumbu ini dihaluskan dan dimasak bersama dengan daging sapi dan santan kelapa hingga kuahnya mengering dan bumbu meresap ke dalam daging. Proses memasak yang lama dengan api kecil menghasilkan daging yang empuk, berwarna cokelat gelap, dan memiliki cita rasa yang kaya serta gurih.

Selain rasanya yang lezat, rendang juga dikenal karena daya tahannya yang lama. Rendang yang dimasak hingga kering dapat bertahan hingga berminggu-minggu tanpa perlu disimpan di lemari pendingin. Hal ini menjadikan rendang sebagai bekal yang praktis untuk dibawa dalam perjalanan jauh.

Jika Anda ingin mencoba membuat rendang daging sapi di rumah, berikut adalah resep yang mudah untuk Anda ikuti. Dengan sedikit kesabaran dan ketelitian dalam memilih bahan-bahan berkualitas, Anda dapat menyajikan rendang yang lezat untuk keluarga atau teman-teman Anda. Mari kita mulai petualangan kuliner ini dan rasakan keajaiban cita rasa rendang yang tak terlupakan!

Bahan-bahan

– 1,5 kg daging sapi
– 800 ml santan murni
– 1 sdm garam
– 1 sdm gula pasir (opsional)
– 1,5 sdm kelapa goreng
– 1 lembar daun kunyit
– 1 batang sereh, memarkan
– 3 lembar daun jeruk purut

Bumbu halus

– 25 siung bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 1 buah pala
– 2 buah kemiri
– 75 gram cabe merah keriting
– 25 gram cabe burung merah
– 3 buah cengkeh
– 3 kuntum bunga lawang
– 3/4 sdt jinten
– 3/4 sdt adas
– 5 cm lengkuas
– 3 cm kunyit

Cara Membuat

1. Haluskan semua bahan bumbu halus hingga lembut. Bisa menggunakan blender atau ulekan.

2. Dalam panci, masukkan santan, bumbu halus, daun jeruk, daun kunyit, sereh, dan potongan daging. Aduk rata hingga semua bahan tercampur. Tutup panci dan masak dengan api kecil. Aduk sesekali agar tidak gosong.

3. Setelah 1 jam, kuah akan bertambah banyak. Tambahkan garam dan gula, aduk rata. Tutup kembali panci dan lanjutkan memasak dengan api kecil, sambil terus diaduk sesekali. Masak hingga kuah menyusut dan mengering, kira-kira 1 jam lagi.

4. Setelah rendang matang, biarkan dingin di suhu ruangan. Kemudian pindahkan ke dalam wadah tertutup sesuai porsi. Rendang bisa disimpan di kulkas bawah hingga 3 hari. Untuk penyimpanan lebih lama hingga 1 bulan, simpan rendang di freezer.

5. Saat akan dikonsumsi, cairkan (defrost) rendang beku terlebih dahulu. Bisa didiamkan hingga tidak beku, dipanaskan dengan microwave, atau disangrai sebentar di atas api besar.

Setelah mencoba resep ini, Anda akan mendapatkan rendang daging sapi yang lezat, bercita rasa otentik, dengan daging yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna. Nikmati rendang bersama nasi hangat dan lauk pendamping lainnya. Selamat mencoba!

Penutup

Rendang daging sapi adalah hidangan yang tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan warisan kuliner Indonesia yang patut dibanggakan. Proses pembuatannya yang memakan waktu dan melibatkan berbagai rempah-rempah mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner nusantara. Setiap gigitan rendang membawa kita pada pengalaman cita rasa yang kaya dan mendalam, seolah menceritakan kisah sejarah dan kehidupan masyarakat Minangkabau yang telah menghasilkan masakan luar biasa ini.

Dengan mengikuti resep yang telah diberikan, Anda dapat menciptakan rendang daging sapi yang otentik di dapur Anda sendiri. Meskipun proses memasaknya mungkin membutuhkan waktu dan kesabaran, hasil akhirnya akan membayar semua usaha Anda. Saat Anda menyajikan rendang buatan sendiri kepada orang-orang terkasih, Anda tidak hanya membagikan makanan yang lezat, tetapi juga memberikan pengalaman budaya yang tak ternilai.

Jadi, tunggu apa lagi? Luangkan waktu untuk mencoba resep rendang daging sapi ini dan biarkan diri Anda terpesona oleh keajaiban kuliner Indonesia. Selamat memasak dan menikmati hidangan yang luar biasa ini!

Abdi

Recent Posts

Resep Rendang Jengkol Medok, Empuk dan Tidak Bau

Rendang jengkol adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang lezat dan kaya akan bumbu. Masakan…

2 months ago

6 Resep Minuman Segar Beserta Cara Membuatnya

Cuaca panas dan terik matahari yang menyengat sering kali membuat kita kehausan dan membutuhkan asupan…

2 months ago

10 Oleh oleh Khas Medan yang Wajib Dibawa Pulang

Melrosedinerchicago - Mengunjungi Medan merupakan pengalaman yang tak terlupakan, terutama bagi para pencinta kuliner. Kota…

2 months ago

5 Ide Menu Buka Puasa Hari Pertama dan Cara Membuatnya

MelroseDinerChicago - Buka puasa menjadi saat yang dinantikan setelah seharian berpuasa dan menahan rasa lapar…

2 months ago

5 Resep Lezat dan Sehat dengan Sayur Kangkung

Kangkung adalah sayuran hijau yang terkenal akan kandungan nutrisinya yang tinggi dan kalori yang rendah.…

2 months ago

5 Minuman Segar dan Sehat untuk Berbuka Puasa

Melrosedinerchicago.com - Berbuka puasa adalah momen yang dinanti-nanti setelah seharian menahan lapar dan haus. Setelah…

3 months ago